Selasa, 18 Desember 2018

Penyebab Bau Sampah yang Mengganggu


Penyebab Bau Sampah yang Mengganggu

            Ketika kita sedang disuatu tempat dan tidak jauh dari tempat yang terdapat tumpukan sampah dan juga berserakan, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap atau bau yang tidak enak sehingga membuat kita tidak merasa nyaman dan terganggu. Hal ini ditandai dengan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan yaitu dengan membuang sampah sembarangan, tidak memilah sampah, dan tumpukan sampah sisa makanan. Hal itulah yang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Hasil gambar untuk SAMPAH DIRUMAH

            Membuang sampah sembarang adalah hal yang sering terjadi disekitar kita dan bahkan menjadi kebiasaan manusia karena tidak dibiasakan untuk membuang sampah pada tempat nya dan kurangnya tanggung jawab. Kita sering kali melihat sampah-sampah bungkus makanan yang berserakan dipinggir jalan padahal sudah disediakan tempat sampah. Harusnya kita memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Banyak sekali dampak buruk dari membuang sampah sembarangan. Dampak pertama adalah dampah menimbulkan banjir karena sampah dapat menyumbat saluran air, dan yang kedua adalah menimbulkan bau yang tak sedap.

            Kurangnya rasa kesadaran warga untuk tidak melakukan kegiatan memilah sampah. Mencampurkan sampah organik dan non organik kesatu tempat yang sama akan menimbulkan aroma yang busuk sehingga dapat menganggu kenyamanan. Yang perlu masyarakat tahu adalah ketika sampah yang kita buang padahal bisa untuk kita pilah sampahnya dan dapat dimanfaatkan kembali dengan beberapa hal yang mudah, yang pertamaadalah memisahkan sampah organik dan non organik kedalam satu bak. Lalu untuk sampah organik dapat dijadikan sebagai pupuk, dan untuk sampah non organik dapat didaur ulang kembali menjadi barang yang berguna.

            Sampah dari sisa makanan akan mengundang perhatian hewan seperti serangga karena aroma yang ditimbulkan dari sampah sisa makanan biasanya yang sering kali kita lihat adalah serangga semacam lalat. Ketika lalat sudah memakan sisa makanan, maka mereka akan langsung bertelur dan telurnya menjadi belatung yang memakan juga sampah sisa makanan. Hal tersebut akan membuat sampah dari sisa makanan akan semakin beraroma busuk. Oleh karena itu jika kita ingin memakan sesuatu pastikan porsi yang kita dapat tidak berlebihan atau jangan terlalu banyak agar makanan yang kita beli tidak meninggalkan sisa.

            Oleh sebab itu penyebab bau sampah yang dapat mengganggu kenyaman kita harus segera membersihkan sampah lalu membuangnya pada tempatnya atau bisa juga dengan memilah sampah tersebut. Sebagai manusia yang mempunyai tanggung jawab kitak tidak boleh membuang sampah sembarang, dan harus mempunyai kesadaran untuk menjaga kebersihan. Karena jika kita tidak membuang sampah sembarangan serta selalu menjaga kebersihan maka kita akan jauh dari penyakit, terhindar dari bau sampah sehingga kita dapat tinggal dengan nyaman.
 Hasil gambar untuk SAMPAH DIRUMAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar